Sunday, August 18, 2013

Jenis Ayam Hutan Di Seluruh Dunia

Ayam hutan adalah nama umum bagi jenis-jenis ayam liar yang hidup di hutan. Dalam bahasa Jawa disebut dengan nama ayam alas, dalam bahasa Madura ajem alas, dan dalam bahasa Inggris junglefowl; semuanya merujuk pada tempat hidupnya dan sifatnya yang liar.
Ayam-ayam ini dari segi bentuk tubuh dan perilaku sangat serupa dengan ayam-ayam peliharaan, karena memang merupakan leluhur dari ayam peliharaan. Jantan dengan betina berbeda bentuk tubuh, warna dan ukurannya (dimorfisme seksual, sexual dimorphism). Ayam hutan jantan memiliki bulu yang berwarna-warni dan indah, berbeda dengan ayam betinanya yang cenderung berwarna monoton dan kusam.

Ragam jenis dan Penyebaran


Seluruhnya, ada empat spesies ayam hutan yang menyebar mulai dari India, Sri Lanka sampai ke Asia Tenggara termasuk Kepulauan Nusantara. Keempat spesies itu adalah:

1. Ayam Hutan Merah , Gallus gallus


Ayam-hutan merah atau dalam nama ilmiahnya Gallus gallus adalah sejenis burung berukuran sedang, dengan panjang sekitar 78cm, dari suku Phasianidae. Ayam betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 46cm. Ayam-hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel yang panjang meruncing berwarna kuning coklat keemasan dengan kulit muka merah, iris coklat, bulu punggung hijau gelap dan sisi bawah tubuh berwarna hitam mengilap. Dikepalanya terdapat jengger bergerigi dan gelambir berwarna merah. Ekornya terdiri dari 14 sampai 16 bulu berwarna hitam hijau metalik, dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Kaki berwarna kelabu dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua kekuningan dengan garis-garis dan bintik gelap. Ayam-hutan merah tersebar luas di hutan tropis dan dataran rendah di benua Asia, dari Himalaya, Republik Rakyat Cina selatan, Asia Tenggara, hingga ke Sumatra dan Jawa. Ada lima subspesies yang dikenali. Di Indonesia, subspesies G. g. bankiva ditemukan di Jawa, Bali dan Sumatra.
Ayam-hutan merah hidup berkelompok, ayam jantan dengan beberapa ayam betina. Di pagi dan sore hari, mereka keluar mencari makanan di atas permukaan tanah. Pakan Ayam-hutan Merah terdiri dari aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, serangga serta berbagai jenis hewan kecil.
Ayam betina biasanya menetaskan antara lima sampai enam butir telur berwarna coklat muda pucat atau coklat kemerahan. Anak ayam dapat terbang setelah berumur satu minggu.
Ayam-hutan merah diyakini sebagai leluhur dari ayam peliharaan. Sejak kapan ayam-hutan ini didomestikasi tidak jelas, namun mereka sudah diternakkan sejak peradaban Lembah Indus sekitar 5.000 tahun yang lalu.
Sebagai salah satu unggas yang paling banyak ditemui dan diternakkan, ayam-hutan merah dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List.

2. Ayam Hutan Srilangka , Gallus Lafayetii

Ayam hutan Sri Lanka (Gallus lafayetii), juga dikenali sebagai Ayam hutan Ceylon, adalah anggota dalam keluarga kuang yang mana mendiami kawasan di Sri Lanka. Ia juga menjadi burung kebangsaan bagi negara ini. Ayam hutan Sri Lanka berkerabat dengan ayam hutan Merah (G. gallus), sejenis ayam hutan liar yang menjadi asas bagi ayam peliharaan pada hari ini. Nama spesifik bagi Ayam hutan Sri Lanka dinamakan bagi menghargai seorang aristokrat Perancis, Gilbert du Motier, marquis de La Fayette. Ayam ini biasanya mendiami habitat hutan, dan boleh dilihat di banyak tempat seperti Kitulgala, Yala dan Sinharaja.

3. Ayam Hutan Kelabu . Gallus Sonneratii

Ayam hutan kelabu atau Gallus sonneratii adalah salah satu dari empat spesies ayam hutan. Ayam ini berukuran sedang, dengan panjang sekitar 80cm, dari suku Phasianidae. Ayam betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 38cm. Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning, ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua dengan bulu-bulu seperti sisik berwarna putih kecoklatan di bagian sisi bawah tubuh. Ayam hutan kelabu tersebar dan endemik di hutan tropis bercuaca kering di India bagian tengah, barat dan selatan. Ayam betina biasanya menetaskan antara tiga sampai lima butir telur berwarna putih atau putih kemerahan yang dierami oleh induk betina selama kurang lebih tiga minggu.
Ayam hutan kelabu mempunyai kebiasaan serupa dengan Ayam hutan merah, yang juga dapat ditemui dan berhibridasi di India. Ayam ini hidup berkelompok dan bersarang di atas pohon. Di pagi dan sore hari, mereka keluar mencari makanan di atas permukaan tanah. Pakan ayam hutan kelabu terdiri dari aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, serangga serta berbagai jenis hewan kecil.
Nama ilmiah spesies ini memperingati seorang penjelajah berkebangsaan Perancis bernama Pierre Sonnerat.
Ayam-hutan Kelabu dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List.


4. Ayam Hutan Hijau , Gallus Varius

Ayam hutan hijau (bahasa Latin = Gallus varius) adalah nama sejenis burung yang termasuk kelompok unggas dari suku Phasianidae, yakni keluarga ayam, puyuh, merak, dan sempidan. Ayam hutan diyakini sebagai nenek moyang sebagian ayam peliharaan yang ada di Nusantara. Ayam ini disebut dengan berbagai nama di berbagai tempat, seperti canghegar atau cangehgar (Sd.), ayam alas (Jw.), ajem allas atau tarattah (Md.).Memiliki nama ilmiah Gallus varius (Shaw, 1798), ayam ini dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Green Junglefowl, Javan Junglefowl, Forktail, atau Green Javanese Junglefowl, merujuk pada warna dan asal tempatnya.Burung yang berukuran besar, panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 60 cm pada ayam jantan, dan 42 cm pada yang betina.
Jengger pada ayam jantan tidak bergerigi, melainkan membulat tepinya; merah, dengan warna kebiruan di tengahnya. Bulu-bulu pada leher, tengkuk dan mantel hijau berkilau dengan tepian (margin) kehitaman, nampak seperti sisik ikan. Penutup pinggul berupa bulu-bulu panjang meruncing kuning keemasan dengan tengah berwarna hitam. Sisi bawah tubuh hitam, dan ekor hitam berkilau kehijauan. Ayam betina lebih kecil, kuning kecoklatan, dengan garis-garis dan bintik hitam.
Iris merah, paruh abu-abu keputihan, dan kaki kekuningan atau agak kemerahan.
Ayam yang menyukai daerah terbuka dan berpadang rumput, tepi hutan dan daerah dengan bukit-bukit rendah dekat pantai. Ayam-hutan Hijau diketahui menyebar terbatas di Jawa dan kepulauan Nusa Tenggara termasuk Bali. Di Jawa Barat tercatat hidup hingga ketinggian 1.500 m dpl, di Jawa Timur hingga 3.000 m dpl dan di Lombok hingga 2.400 m dpl.

Pagi dan sore ayam ini biasa mencari makanan di tempat-tempat terbuka dan berumput, sedangkan pada siang hari yang terik berlindung di bawah naungan tajuk hutan. Ayam-hutan Hijau memakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing, kodok dan kadal kecil.

Ayam ini kerap terlihat dalam kelompok, 2 – 7 ekor atau lebih, mencari makanan di rerumputan di dekat kumpulan ungulata besar seperti kerbau, sapi atau banteng. Selain memburu serangga yang terusik oleh hewan-hewan besar itu, Ayam-hutan Hijau diketahui senang membongkar dan mengais-ngais kotoran herbivora tersebut untuk mencari biji-bijian yang belum tercerna, atau serangga yang memakan kotoran itu.
Pada malam hari, kelompok ayam hutan ini tidur tak berjauhan di rumpun bambu, perdu-perduan, atau daun-daun palem hutan pada ketinggian 1,5 – 4 m di atas tanah.
Ayam hutan hijau berbiak antara bulan Oktober-Nopember di Jawa Barat dan sekitar Maret-Juli di Jawa Timur. Sarang dibuat secara sederhana di atas tanah berlapis rumput, dalam lindungan semak atau rumput tinggi. Telur 3-4 butir berwarna keputih-putihan.

Tak seperti keturunannya ayam kampung, Ayam-hutan Hijau pandai terbang. Anak ayam hutan ini telah mampu terbang menghindari bahaya dalam beberapa minggu saja. Ayam yang dewasa mampu terbang seketika dan vertikal ke cabang pohon di dekatnya pada ketinggian 7 m atau lebih. Terbang mendatar, Ayam-hutan Hijau mampu terbang lurus hingga beberapa ratus meter; bahkan diyakini mampu terbang dari pulau ke pulau yang berdekatan melintasi laut.

Pagi dan petang hari, ayam jantan berkokok dengan suaranya yang khas, nyaring sengau. Mula-mula bersuara cek-kreh.. berturut-turut beberapa kali seperti suara bersin, diikuti dengan bunyi cek-ki kreh.. 10 – 15 kali, dengan jeda waktu beberapa sampai belasan detik, semakin lama semakin panjang jedanya. Kokok ini biasanya segera diikuti atau disambut oleh satu atau beberapa jantan yang tinggal berdekatan. Ayam betina berkotek mirip ayam kampung, dengan suara yang lebih kecil-nyaring, di pagi hari ketika akan keluar tempat tidurnya.

Ayam hutan hijau adalah kerabat dekat leluhur ayam peliharaan, ayam hutan merah (Gallus gallus). Ayam hutan merah yang menyebar luas mulai dari Himalaya, Tiongkok selatan, Asia Tenggara, hingga ke Sumatra dan Jawa. Pada pihak lain, ayam-hutan hijau tersebar di Jawa, Bali dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.
Ayam hutan dari Jawa Timur dikenal sebagai sumber tetua untuk menghasilkan ayam bekisar. Bekisar adalah persilangan antara ayam hutan hijau dengan ayam kampung. Bekisar dikembangkan orang untuk menghasilkan ayam hias yang indah bulunya, dan terutama untuk mendapatkan ayam dengan kokok yang khas. Karena suaranya, ayam bekisar dapat mencapai harga yang sangat mahal. Bekisar juga menjadi lambang fauna daerah Jawa Timur

Dua jenisnya terdapat di Indonesia, menyebar alami terutama di bagian barat kepulauan. Kedua jenis itu ialah ayam-hutan merah, yang menyukai bagian hutan yang relatif tertutup; dan ayam-hutan hijau, yang lebih menyenangi hutan-hutan terbuka dan wilayah berbukit-bukit.
Ayam hutan merah adalah moyang dari ayam peliharaan, sedangkan keturunan F1 dari persilangan antara ayam hutan merah dan ayam hutan hijau menghasilkan ayam bekisar.


Kebiasaan

Ayam hutan adalah pemakan segala, meskipun cenderung sebagai pemakan biji-bijian. Namun sebagaimana ayam umumnya, ayam hutan juga memakan pucuk-pucuk rumput, serangga dan berbagai hewan kecil yang ditemuinya.
Burung ini biasanya hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil. Tidur di atas ranting perdu atau semak, tidak terlalu jauh dari atas tanah. Pada musim bertelur, betina membuat sarang sederhana di atas tanah dan mengerami telurnya hingga menetas. Anak-anak ayam hutan diasuh oleh induk betinanya.
Tidak seperti ayam peliharaan, ayam hutan pandai terbang; tidak lama setelah meninggalkan sarang tempatnya menetas.

Domestikasi

Ayam hutan merupakan salah satu jenis unggas yang telah didomestikasi manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Ayam-hutan merah diketahui sebagai nenek-moyang langsung dari aneka jenis ayam peliharaan. Sedangkan persilangan ayam-hutan hijau dengan ayam peliharaan menghasilkan ayam bekisar, yang sangat terkenal di Jawa Timur karena suara kokoknya yang merdu dan bulunya yang indah.

Ayam hutan dalam Dongeng

Beberapa cerita rakyat tradisional menampilkan ayam hutan sebagai salah satu tokohnya. Dongeng rakyat seperti Ciung Wanara dari daerah Sunda, atau versi Jawanya yang berjudul Panji Laras alias Cinde Laras, menceritakan tokoh utama yang memiliki ayam jantan atau ayam hutan jantan yang pandai bertarung dan berkokok.
Dan kokoknya itu bukan kokok biasa, melainkan berisi cerita perihal nasib tuannya itu. Sebagai teladan, kokok ayam jantan Ciung Wanara berbunyi:
Blak ! Blak ! kukuruyuuuuk
Ayah raja bundapun ratu !
Lama kandungan satu tahun !
Paraji ibunda ratu !
Meski manis namun madu !”
Dengan malam mata ditutup !
Dengan malam kuping ditutup !
Kedua tangan dibelenggu !
Waktu lahir dalam kandaga hanyut !
Bersama sebutir telur ... !
(Dari Ciung Wanara, sebuah cerita pantun Sunda, oleh Ajip Rosidi. Jakarta: Gunung Agung, 1985)

sumber : wikipedia.org

31 comments:

  1. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yg merupakan master agen bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man buat beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.pw/tag/tebak-shio/
    https://dewazeus.pw/tag/ayam-pilipin/
    https://dewazeus.pw/tag/manfaat-bawang-merah-bagi-ayam-aduan/

    Ayo join sekarang di dewazeus.pw

    ReplyDelete
  2. BONUS NEW MEMBER 20%

    CemePoker merupakan perwakilan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg menyediakan bermacam macam tidak sedikit game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai perizinan judi poker dengan rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan setengah membernya pun pemain Poker beta dijamin 100% Player VS Player.
    janganlah lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan sawab referal segolongan pandangan hidup

    Baca juga :
    artikel poker

    Ayo main sekarang di www.cemesamgong.com

    ReplyDelete
  3. Bagi Anda para pecinta JUDI ONLINE RESMI yang bingung karena tidak tahu dari manda baru bisa memuaskan hasrat Anda untuk melakukan taruhan di dalam permainan favorit Anda, tenang saja kami ZEUSBOLA selaku Agen Judi Online Terpercaya yang telah diakui oleh seluruh ASIA bersedia membantu Anda dengan menyediakan semua permainan Judi Online.

    Selain itu, ZEUSBOLA juga menyelimuti Anda para Pecinta Judi Online hanya dengan 1 UserID saja Anda dapat memainkan berbagai Permainan yang tersedia.

    Yuk gabung sekarang juga bersama kami dan langsung nikmati Promo Bonus Seperti :
    - Bonus New Member 15%
    - Bonus Setiap Hari 10%
    - Bonus Extra FREECHIPS
    - Bonus CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - Bonus Claim Reward Level - UP

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi langsung ZEUSBOLAnya dengan Customre Service berlabet profesional, sopan, ramah, dan tentunya juga sigap dalam menjawab segala pertanyaan maupun bantuan yang Anda butuhkan atau bisa hubungi kami melalui :
    - Whatsapp : 081333552228
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  4. S128Cash telah menjadi salah satu Agen Sabung Ayam Online TERFAVORITE untuk para pemain Sabung Ayam Online di seluruh Indonesia karena di S128Cash lah lahirnya Jutawan baru setiap harinya !!
    S128Cash juga di support dan di dukung oleh seluruh bank local Indonesia. Bukan itu saja disini Anda dapat deposit menggunakan PULSA, OVO, dan GOPAY
    Sangat membantu Anda bukan? Jadi apa yang Anda tunggu lagi? Segera Daftar S128 bersama kami, Jadilah JUTAWAN bersama kami !! Ditunggu kedatangan Anda !!
    Hubungi Kami :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    ReplyDelete
  5. Sering kalah dalam bermain Game online???
    Jangan galau guyz...
    Gabung yukz di Winning303 Agent Betting online terpecaya & teraman
    Dapatkan berbagai macam Bonus yang berlimpah disini :

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Ayo buktikan HOKI kamu guyz disini bersama kami

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  6. http://pokerfifa.id/agen-judi-poker-online-deposit-pulsa-dengan-gopay/

    ReplyDelete
  7. Proses deposit adalah proses bertransaksi yang sering dirasakan kebanyakan bettor. Hal yang dikeluhkan bettor dari proses deposit bukan cara melakukannya. Namun, ketentuan minimal dana deposit yang harus dikeluarkan.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Daftar Situs Judi Online Dengan Deposit Pulsa

    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam
    * DOMINO QIU QIU/
    * CAPSA SUSUN
    * BANDAR CEME
    * LIVE POKER

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  8. Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
    Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
    Kemenangan besar bisa di dapatkan...

    Cukup Deposit 10rb anda bisa dapatkan semuanya...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  9. Bingung Cari Agen Poker Terpercaya??
    Percayakan Kepada DonacoPoker...
    Agen Profesional Yang Sudah Lama Berkembang...
    Proses Transaksi Yang Cepat dan Aman Dengan Pelayanan Yang Ramah dan Memuaskan..

    Ayo!! Jangan Ngaku Ahlinya Poker Jika Belum Bermain di Donaco Poker.!!

    Segera Bergabung dan Dapatkan Tips-Tips Menang Dari Kami..
    * POKER
    * DOMINO
    * BANDAR CEME
    * CAPSA SUSUN
    * CEME KELILING
    * SUPER TEN
    * OMAHA

    Info hub:
    WHATSAPP : +6281333555662Bingung Cari Agen Poker Terpercaya??
    Percayakan Kepada DonacoPoker...
    Agen Profesional Yang Sudah Lama Berkembang...
    Proses Transaksi Yang Cepat dan Aman Dengan Pelayanan Yang Ramah dan Memuaskan..

    Ayo!! Jangan Ngaku Ahlinya Poker Jika Belum Bermain di Donaco Poker.!!

    Segera Bergabung dan Dapatkan Tips-Tips Menang Dari Kami..
    * POKER
    * DOMINO
    * BANDAR CEME
    * CAPSA SUSUN
    * CEME KELILING
    * SUPER TEN
    * OMAHA

    Info hub:
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  10. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia Menyendia berbagai macam permainan judi kartu terbaik di Asia dengan menggunakan uang asli. 1 ID untuk 9 Game Permainan yang disediakan oleh Situs Bandar PokerV

    Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Pkvgames Online Terpopuler
    Situs Judi Pkv Games Online 2020

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  11. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303.org
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    ReplyDelete
  12. Museum poker

    POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY
    Bonus Freechip Deposit Via OVOpay 5%
    BONUS DEPOSIT UNTUK NEW MEMBER 20%

    Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

    ReplyDelete
  13. Winning303

    Agen judi online terbaru

    Tersedia games :
    Poker
    sports
    live casino
    slots
    togel
    sabung ayam

    Link terbaru kami
    www.winning303.pw

    Info lebih lanjut :
    WA : 0877 8542 5244

    ReplyDelete
  14. Suka bermain casino online ???
    Tapi dana kecil????bisa kok


    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar Game Casino

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  15. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. POKER IG
    5. Sabung Ayam

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,7%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  16. ZeusBola - Agen Permainan Slot Online
    Menerima Deposit Via Pulsa
    Dapatkan Promo Tanpa Potongan
    Bisa Daftar Dengan Akun E-money
    (OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA dan JENIUS)
    Pendaftaran : http://zeusbola.co

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    ReplyDelete
  17. ZEUSBOLA POKER DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN RATE OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA, BTPN JENIUS

    Hayukk DAFTAR ZEUSBOLA Sekarang di https://zeusbola.pro/ Untuk mendapatkan Penghasilan Sampingan Hanya Dengan Dirumah Saja.

    DAFTAR ZEUSBOLA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN RATE 100%


    Whatsapp 1 : +6282277104607
    TELEGRAM : 0813-3355-5996 / @zeusbola
    LINK ALTERNATIF ZEUSBOLA

    Baca Juga :
    Slot Aztec Gems Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Bandar Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan

    ReplyDelete
  18. Situs Bandar Judi Togel Online Deposit Pulsa Terlengkap Di Indonesia – Museumtoto adalah situs taruhan togel online terpercaya dengan beberapa pasaran terbaik yang bisa Kalian dapatkan. Dimana pasaran yang disediakan oleh Museumtoto, terdiri dari Togel Singapore, Togel Sydney, Toto Macau Dan Togel Hongkong. Serta pasaran yang disediakan juga sangat fair dan aman,karena untuk result yang diberikan langsung didapatkan langsung dari website resmi pasaran tersebut.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Bandar Togel Online
    Daftar Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    Museumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 23%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 1000

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 30.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

    Kumpulan Artikel MUSEUMTOTO...

    SITUS BANDAR JUDI TOGEL ONLINE DEPOSIT PULSA TERLENGKAP DI INDONESIA

    ReplyDelete
  19. APAKAH ANDA SEORANG PETARUH YANG HANDAL ?
    APAKAH ANDA PECINTA JUDI BOLA ATAU MIX PARLAY ?
    SANGAT DIRUGIKAN JIKA ANDA BELUM BERMAIN DI MUSEUMBOLA, MUSEUMBOLA MERUPAKAN AGEN SITUS JUDI ONLINE
    MENYEDIAKAN BANYAK SEKALI BONUS SERTA PROVIDER JUDI YANG LENGKAP
    LANSUNG SEGERA AKSES KE SITUS KAMI DI MUSEUMBOLA RAJANYA AGEN JUDI ONLINE!!!
    MIX PARLAY DENGAN MINIMAL 2 TIM SAJA KALIAN SUDAH BISA BERMAIN MIX PARLAY !!!
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot 888 Dragon
    Slot Joker Jewel
    Slot Aztec Gem

    LINK AKSES :
    Agen Togel Singapura
    Museumbola Slot IDN
    Museumbola Slot Habanero
    Museumbola Slot Pragmatic
    Link Alternatif museumbola
    Link Alternatif Museumbola
    Link Alternatif Museumbola

    ReplyDelete
  20. Museumayam merupakan Agen Sbobet88 Indonesia terbaik dan terpercaya yang melayani berbagai kalangan masyarakat bertaruh judi online. Melayani berbagai jenis taruhan judi online online dengan deposit via pulsa tanpa potongan khusus provider Telkomsel, XL/Axis.

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel Online
    Museumbola Slot Pragmatic
    Sabung Ayam sv388
    daftar taruhan toto
    Museum Poker
    Poker Online Pulsa
    Agen Sabung Ayam Online Club388
    Agen SV388
    Agen Taruhan Online
    Agen Casino Online

    ReplyDelete
  21. Bolavita Agen Judi Slot Terpercaya menyediakan deposit via pulsa tanpa potongan.

    Agen Slot Pulsa
    Slot Via Pulsa
    Agen Judi Slot Deposit Via Pulsa
    Agen Slot Terbaik
    Judi Slot Terbaru
    Slot Pulsa Telkomsel
    Slot Pulsa XL
    https://daftarslotpulsaa. blogspot.com/

    Silahkan hubungi WA berikut ini :
    WA : +62812-2222-995

    ReplyDelete
  22. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    Berbagai bonus menarik menanti anda dengan minimal deposit termurah hanya IDR 10.000
    Menyediakan layanan deposit Bank Lokal, OVO, DANA, Linkaja, Gopay, dan Pulsa Telkomsel, XL dan Axis.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Pulsa

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Jackpot DominoQQ Situs IDN Poker Terbaik

    ReplyDelete
  23. SITUS SLOT & TOGEL ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA 2021 PROMO TERBARU DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    BONUS NEW MEMBER 50%♥♥
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!
    TIDAK PERLU BINGUNG LAGI DENGAN POTONGAN PULSA!!
    Mari Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  24. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,blog (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  25. Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
    Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
    Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
    Deposit Pulsa Dari 10RB
    Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  26. ZEUSBOLA
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    dengan minimal deposit 25 rb..
    Untuk Pulsa dimulai dari 10RB
    dan ada promo TANPA POTONGAN.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  27. 50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
    silahan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%
    sialhkan hub : WA : +62812-1495-2061

    ReplyDelete
  28. Lagi bokek tapi mau bermain slot?
    Klik ====>Demo Habanero Koi Gate

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar slot

    Dengan minimal Depo hanya 25 ribu dan minimal Withdraw 50 ribu
    Anda bisa bermain Slot. Menang berapapun kami bayar Bosku ^^

    PENAWARAN PROMOSI:
    • Bonus Deposit 20% New Member
    • Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    • Bonus Cashback 5% - 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    Semua Bank Lokal
    OVO
    Gopay
    Dana
    Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

    Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 087777007391

    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    ===> CLUB388
    ===> SV388

    ReplyDelete
  29. Menang kalah dpat Bonus 5% ayo bermain casino di bolavita
    semakin byk bermain semakin banyk Rolingan ny...
    ayo tgu apa lagi silahkn regis dan buktikan sendri ^^
    New member 10%
    sialhkan hub : WA :0812-1495-2061

    ReplyDelete
  30. Result Togel


    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS


    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    ReplyDelete